Kontroversi Keamanan Sabun Anti Bakteri

keamanan triclosan
Triclosan merupakan bahan tambahan yang banyak digunakan pada produk sabun anti bakteri, sabun mandi,   pasta gigi, kosmetik yang telah direkomendasikan oleh FDA. Menurut FDA mencuci tangan dengan air dan sabun biasa selama 20 detik menghasilkan efek yang sama dengan penggunaan sabun antibakteri. 
Namun beberapa penelitian yang dilakukan baru-baru ini memicu kontroversi keamanan sabun anti bakteri bagi manusia. Penelitian pada tikus jantan  menunjukkan bahwa triclosan mengurangi testosteron dan produksi spermanya. Sementara pada tikus betina menunjukkan bahwa triclosan menyebabkan pubertas dini dan perubahan hormon estrogen dan tiroid. Pada penelitian lain di Florida terbukti bahwa triclosan menyebabkan gangguan pertumbuhan janin pada domba hamil. Selain itu beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa triclosan mampu meningkatkan resistensi bakteri terhadap antibiotik.
Berdasarkan penelitian tersebut kita tidak boleh langsung memvonis bahwa triclosan berbahaya, karena efek pada hewan belum tentu menghasilkan efek yang sama pada manusia. Tetapi tidak ada salahnya untuk berhati-hati dalam memilih produk. Apalagi kandungan triclosan pada beberapa produk yang dijual bebas tertulis jelas di kemasan produk tersebut. Kita tunggu saja hasil pemeriksaan dari Badan POM RI yang memang bertugas menangani hal ini. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Tinggalkan Kritik, Saran untuk perbaikan Blog Ini. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda