Penemu Coca Cola seorang Apoteker

Mungkin anda pernah mencoba meminum coca cola. Minuman yang terkenal dengan tag always coca cola ini ditemukan oleh seorang apoteker yang bernama  John Smith Pemberton yang lahir di Knoxville, Georgia USA. Walaupun beliauhanya menikmatinya selama 3 tahun tetap sampai sekarang kita menikmati penemuan beliau.

Apoteker yang mempunyai Apotek di Columbus ini mendapatkan ilham mengolah Wine Coca (induk coca-cola) dari pengalamannya ketika ikut Civil War tahun 1861. Perang tersebut mengakibatkan dia mendapat luka. Karena luka, ia menggunakan morfin dan cocaine untuk menghilangkan rasa nyeri. Nah ini dia, setelah pindah ke Atlanta pasca-Civil War inilah dia menemukan dan mengembangkan banyak hal, termasuk Wine Coca. Ditunjang dengan keadaan kota Atlanta yang begitu panas dan kering. Pamberton mulai memproduksi Wine Coca (Coca-Cola) dirumahnya di Marieta Street 107. Adapun nama coca-cola didapat setelah mendapat saran dari Frank M. Robinson seorang akuntan yang kelak menjadi partner bisnisnya.
Coca-cola mulai dijual di Jacob's Pharmacy seharga 5 sen. Dalam tahun pertama, Pamberton mampu menjual 25 galon. Akhirnya, pada tahun 1886 Coca-Cola dinikmati oleh seluruh warga Atlanta. Pamberton meninggal dunia setelah menjual perusahannya kepada Asa Candler hanya tiga tahun setelah ia memproduksi "Coca-Cola" pertama di dunia. Oh ya, ketika meninggal Mr. Coca-cola ini masih betah membujang. Dan dari Atlanta-lah Coca-Cola menyebar ke seluruh dunia dan sekarang Coca-Cola telah dinikmati di 6 benua.
Sekali lagi ini membuktikan bahwa apoteker atau ahli farmasi tidak hanya piawai membuat obat untuk penyakit tetapi juga bisa membuat makanan, minuman, kosmetik dan banyak bidang lainnya yang berhubungan dengan zat kimia.

4 komentar:

  1. Hebat sekaligus bisa berbahaya

    BalasHapus
  2. baru tahu nih, thanks sob,..

    BalasHapus
  3. wah wah wah, saya baru kalau coca cola awalnya muncul dari dunia farmasi. yang saya dengar dulunya coca cola adalah setara dengan obat aspirin apakah benar itu?

    BalasHapus

Tolong Tinggalkan Kritik, Saran untuk perbaikan Blog Ini. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda